Tips Membeli Tanah Kavling

Apa saja sisi kelebihan investasi tanah kavling?

1. Harga Relatif Murah

Berbeda dari membeli rumah, membeli tanah tidak semahal membeli rumah.

Itu sebabnya…

…semakin banyak masyarakat yang mampu membeli tanah kavling.
… semakin banyak pula pengusaha yang mengambil kesempatan dengan hanya menawarkan tanah kavlingnya saja.

2. Bisa Diangsur

Selain dengan sistem pembayaran tunai, masyarakat juga ditawarkan sistem pembayaran secara diangsur. Biasanya dalam jangka 1 hingga 5 tahun.

Besarnya angsuran-pun masih tergolong terjangkau. Mungkin tidak lebih dari 20.000/hari.

3. Kredit Tetapi Semakin Kaya

Bila Anda kredit motor atau mobil, harga barang tersebut semakin jatuh ketika Anda lunas. Sebaliknya, menyicil barang investasi seperti tanah, maka harganya semakin naik seiring waktu.

Mungkin…

Ketika sudah lunas, harganya bisa dua, tiga, empat, lima kali lipat dari harga semula.

Salah seorang Ibu pernah berkata kepada saya, “Kenapa ya dulu ngga ngambil dua (kavling) saja…” Ia menyesal. Pertama karena harga tanah kavlingnya melambung. Kedua, ia merasa bahwa angsurannya terasa semakin ringan.

Ia mengambil kavling di daerah Bekasi.

Nilai uang 800 ribu hari ini akan berbeda dengan 800 ribu 5 tahun mendatang. Nilai 2 juta di tahun 80-an berbeda denga 2 juta saat ini. Itu-lah yang membuat nilai angsuran terasa ringan dari waktu ke waktu.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI TANAH KAVLING

Sebelum menggelontorkan uang, sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya perhatikan beberapa poin berikut ini. Tentu saja hal ini berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah biasa investasi tanah.

1. Lokasi

Lokasi itu penting. Terutama dalam investasi properti. Khususnya investasi tanah. Kita semua tahu, lokasi merupakan faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga.

Apa saja yang saya gunakan untuk menilai bahwa suatu lokasi baik untuk investasi?

  • Adanya pembangunan perumahan/pemukiman baru.
  • Akses yang mudah.
  • Menggeliatnya aktivitas ekonomi.
  • Banyak pusat komersil.
  • Berada di kawasan tertentu, misalnya kawasan industri.
  • Banyak jual beli properti di daerah tersebut.
  • Merupakan tanah produktif, misalnya sebagai sentra jabon.
  • Baik untuk masa depan, diketahui dengan meliha tata ruang.
  • Tingkat kenaikan harga dari tahun ke tahun. Anda bisa lihat di notaris.
  • Dekat dengan pembangkit (pasar, sekolah, perkantoran).

Itu beberapa hal untuk menilai apakah tanah yang akan dibeli layak untuk investasi ataukah tidak.

Anda bisa membacanya di sini yakni mengenai Cara Investasi Tanah Super Cepat.

2. Integritas Pengembang

Menilai integritas pengembang memang sedikit sulit. Kecuali pengembang besar, misalnya Sinar Mas atau Podomoro. Tentu kita tidak lagi meragukan integritas keduanya.

Mengapa penting memperhatikan integritas pengembang?

Seperti Anda ketahui, tingkat keluhan konsumen bidang properti selalu menduduki ranking pertama di YLKI. Artinya banyak sekali pengembang “nakal” yang menipu konsumennya sendiri.

3. Legalitas

Bagi saya legalitas merupakan hal yang sangat penting.
Anda tidak mau membeli tanah yang dalam sengketa, sertifikatnya tidak jelas, atau transaksi yang tidak mengikat secara hukum.

Untuk itu…

Ketika transaksi properti, setidaknya gunakan jalur yang sesuai. Surat Pengingkatan Jual Beli, Akta Jual Beli, dan Sertifikat merupakan hal penting…

Karena saya pernah menemukan…

… developer yang hanya memberikan foto copy bahwa tanah tersebut BENAR milik developer. Itu saja!

Tentu saja sangat riskan membeli tanah dengan cara seperti itu.

4. Tata Ruang

Ada kasus dimana seseorang membeli tanah kavling. Ia-pun mengecek berbagai aspek. Secara hukum semuanya sah dan legal.

Hanya saja, ternyata kavling yang ditawarkan developer kepadanya diperuntukan untuk fasilitas umum. Oleh karenanya, perlu diperhatikan juga apakah sesuai tata ruang ataukah tidak.

Kasus seperti itu biasanya terjadi pada komplek perumahan yang sudah cukup lama. Namun masih ada bagian yang belum terjual. Alih-alih membangun rumah, developer hanya menjual kavling tanahnya saja.
 

JANGAN TERTIPU OLEH…

Konsep

Perlu Anda ketahui…

Sudah sangat umum di dunia properti bahwa developer menjual konsep. Datanglah ke perumahan. Anda akan disuguhkan gambar-gambar menawan. Rumah yang indah. Konsep tertata rapi. Perkembangan sekitar yang aduhai cepat.

Sehingga…

Terbentuk dalam imajinasi pembeli bahwa ia akan membeli tanah di lokasi yang sangat strategis. Padahal, itu baru sebatas konsep saja.

Sebagai konsumen, Anda jangan mau membeli “gambar.” Perhatikan dengan seksama apakah konsep dan informasi yang ditawarkan pengembang masuk akal atau tidak.

 

Sumber:

http://microgist.blogspot.co.id/2015/03/tanah-kavling-perhatikan-sebelum-membeli.html

 


BMT Berpeluang Tumbuh Saat Ekonomi Terpuruk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Baitul Maal wa Tamwil (BMT) mempunyai peluang cukup besar di tengah keterpurukan ekonomi. Pertumbuhan BMT justru cenderung lebih pesat dari biasanya saat sektor ekonomi makro sedang terganggu.

“BMT di Jawa Tengah tumbuh pesat pada kurun waktu 2000 sampai 2005 saat bank justru tiarap. Pada krisis global 2008 sampai 2010 BMT juga tumbuh pesat” ujar Ketua II Perhimpunan BMT Indonesia, Awalil Rizki di Aula Masjid Raya Pondok Indah, Selasa (1/10).

Dunia perbankan, baik konvensional dan syariah mengalami perlambatan pertumbuhan bisnis, khususnya dalam hal penyaluran pembiayaan. “Bank-bank cenderung menahan diri dan berhati-hati menyalurkan pembiayaan. Harusnya BMT mengambil peluang dari hal ini,” kata dia.

Awalil mengatakan berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), penyaluran pembiayaan perbankan ke sektor mikro sekitar 17 persen. “Kemungkinan 2013 penyaluran pembiayaan mikro melambat lagi,” ucapnya.

Menurutnya BMT harus cermat menempatkan posisinya dalam memanfaatkan peluang tersebut. Pasalnya seagresifnya bank menyalurkan pembiayaan ke mikro, namun tetap ada batasan yang membuat bank tidak dapat menyalurkan pembiayaan mikro seperti BMT. “Upaya jemput bola nasabah yang dilakukan bank tidak bisa sedekat seperti yang dilakukan oleh BMT,” ujarnya. Dia menyebut kondisi tersebut memaksa bank bekerjasama dengan BMT dalam menyalurkan pembiayaan mikro, khususnya pada 2014.

Ketua Asosiasi BMT se-Indonesia (Absindo), Aries Muftie mengatakan Absindo tidak bisa melarang bank-bank yang mulai menyasar pembiayaan mikro. “Kalau dilarang, yang rugi sektor mikro (rakyat),” kata dia.

Menurutnya, jika BMT mempunyai keterbatasan kemampuan penyaluran pembiayaan ke mikro, maka berikan saja tugas itu ke bank. Pasalnya yang terpenting dari pembiayaan mikro adalah rakyat kecil dapat memperoleh dana untuk kebutuhannya.

Bank, kata Aries, dapat memberikan harga lebih murah lantaran memiliki cukup banyak Dana Pihak Ketiga (DPK). Sementara BMT tidak bisa memberi harga murah karena saat BMT memberi pinjaman ke anggota, justru anggota BMT lebih memilih menyimpan uang di bank lantaran lebih aman, nyaman dan menguntungkan.

Aries mengatakan kunci bersaing yang bisa dilakukan BMT adalah melalui Apex-BMT. Apex BMT merupakan induk BMT yang membawahi BMT yang telah tergabung dalam komunitas Absindo.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/13/10/01/mtz67v-bmt-berpeluang-tumbuh-saat-ekonomi-terpuruk


BMT Sebagai Pendorong Ekonomi Kerakyatan

Baitul maal wa tamwil (rumah/pengelola harta dan keuangan), sebenarnya merupakan konsep aplikasi ekonomi Islam yang bersifat practical dalam mendorong ekonomi pada skala mikro. Dalam aturan hukum di Indonesia BMT dikelompokkan kedalam koperasi, dimana aturan hukumnya mengikuti UU koperasi no 17 tahun 2012, meskipun sebenarnya konsep BMT adalah jauh lebih luas bagi masyarakat. Peran BMT yang beroprasi pada skala pembiayaan ekonomi mikro (pembiayaan dibawah 50 juta/yang tidak banyak mendapatkan perhatian dari perbankan pada umumnya), menjadikan karakteristik yang melekat pada institusi keuangan ini. Pemerintah Indonesia pada akhirnya menempatkan BMT sebagai bagian dari koperasi untuk memberikan peranan yang lebih maksimal pada sektor yang belum digarap oleh lembaga keuangan formal. Baca Selengkapnya »


Perkembangan Koperasi Syariah & Potensinya

Perkembangan koperasi syariah di Indonesia tak lepas dari kondisi sosial masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia yang berada dalam kategori miskin tercatat sebanyak 36,17 juta jiwa (16,7 persen). Jumlah penduduk miskin tersebut bahkan dapat bertambah dua sampai tiga kali lipat jika menggunakan kriteria penduduk miskin yang ditetapkan oleh International Labour Organization (ILO). Sehingga, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dan mewujudkan keadilan sosial yang sesuai dengan konsep Islam, koperasi syariah kemudian didirikan. Nilai-nilai koperasi seperti keadilan, kebersamaan, kekeluargaan, dan kesejehateraan bersama dinilai sangat cocok untuk memberdayakan rakyat kecil. Baca Selengkapnya »


Faktor Penyebab Harga Emas Naik Turun

Harga emas dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga emas dan menjadi penyebab harga emas naik atau turun:

1. Situasi Ekonomi Dunia
Saat terjadi krisis ekonomi di Amerika tahun 2008, orang lebih memilih menyimpan emas karena merasa uang kertas jatuh. Alhasil, harga emas meroket.

2. Situasi Politik Dunia
Panasnya situasi politik dunia seperti saat Amerika melakukan invasi ke Irak ikut mendongkrak harga emas. Pada saat itu banyak orang yang khawatir dampak perang, alhasil banyak yang beralih ke emas sehingga mengakibatkan harga emas naik.

3. Naiknya Permintaan Emas
Permintaan emas bisa dari Pabrik untuk memproduksi barang atau dari kebutuhan negara seperti Cina dan India. Cina dan India adalah pembeli emas terbesar di Dunia. Konon katanya Cina mewajibkan setiap warga negaranya untuk menabung 2 gram emas per bulan. Jika permintaan kedua negara ini naik, hal ini akan mendongkrak harga emas. Di India sendiri permintaan emas naik ketika terjadi musim kawin yang terjadi pada akhir bulan September hingga bulan Januari dan puncaknya adalah pada perayaan Diwali 13 November.

4. Inflasi
Ketika inflasi meleset atau melebihi prediksi pemerintah, emas biasanya diburu. Inflasi yang meleset biasanya dijadikan indikator bahwa kondisi ekonomi sedang tidak menentu membuat emas diburu sehingga menyebabkan harga emas naik karena naiknya permintaan.

5. Suku Bunga
Ketika suku bunga naik, banyak yang meyimpan uang dalam bentuk deposito. Ketika suku bunga turun, emas menjadi pilihan. Hal ini menyebabkan harga naik.

6. Harga Dollar AS
Ketika harga dollar AS turun, harga emas biasanya naik.

7. Harga minyak
Kenaikan harga minyak biasanya diikuti kenaikan harga emas. Namun biasanya efeknya tidak terjadi secara langsung. Misal, Ketika harga minyak naik, bisa jadi terjadi inflasi yang berlebihan sehingga menyebabkan harga emas ikut naik.

Harga emas, selain dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan politik dunia, juga dipengaruhi oleh banyak permintaan atau yang membeli emas dimana dalam kondisi ini berlaku hukum ekonomi. Permintaan untuk pembelian emas naik, harga naik. Hal itulah yang menyebabkan harga emas terjaga sehingga sangat sulit untuk diprediksi atau direkayasa untuk membuat harga emas jatuh hingga ribuan dollar.

(Dari berbagai sumber)


Harga Rontok, Emas Kembali Diburu Konsumen

Jakarta – Harga emas perhiasan maupun batangan terus turun selama sepekan terakhir. Masyarakat langsung bereaksi dengan memburu logam mulia tersebut dengan harapan harga bisa naik kembali.

Seorang karyawan sebuah toko perhiasan di daerah Cempaka Mas, Jakarta Pusat bernama Darman mengatakan sejalan turunnya harga emas, justru omzet pedagang emas melonjak. Pihaknya bisa meraup omzet mencapai Rp 150 juta dalam sehari.

“Omzet bisa Rp 50 juta sehari itu sesepi-sepinya. Kalau ramai bisa sampai Rp 150 juta sehari. Kebanyakan emas kuning yang 70% yang laku,” kata Darman saat ditemui detikFinance, di Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2013).

Darman mengatakan, dengan turunnya harga emas, pihaknya bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk menjual emas sebanyak-banyaknya.

“Tapi tergantung juga sih, nggak selalu jaminan harga turun banyak yang beli, kalau lagi kayak gini pertengahan bulan ya agak sepi, biasanya awal bulan yang ramai. Tergantung kondisi keuangan juga sih ya,” katanya.

source : http://finance.detik.com/read/2013/04/15/130142/2220444/4/harga-rontok-emas-kembali-diburu-konsumen?f9911023


Kapan waktu atau saat yang tepat untuk membeli Emas???

Sebuah pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang paling sering di lontarkan terutama oleh para investor Emas pemula. Jawaban untuk pertanyaan diatas sebetulnya sangatlah sederhana, saat yang tepat untuk membeli emas adalah Saat dana atau uangnya ada , mengapa bisa begitu?mari kita simak beberapa penjelasan dibawah.

1. Emaszero inflation
Emas bersifat nol inflasi (zero inflation), ya nol inflasi sekali lagi saya tegaskan. Nol inflasi artinya nilai emas selalu tetap sampai kapanpun. Salah satu bukti bahwa Emas nol inflasi adalah harga 1 ekor kambing qurban dari sejak 1400 tahun yang lalu sampai saat ini tahun 2013 dan sampai kapanpun akan tetap 1 Dinar (1 Dinar = 4,25 gram Emas 22 karat). Jika anda melihat pada grafik, harga Emas naik dari tahun ke tahun, hal sebenarnya yang terjadi adalah nilai mata uang kita yang makin turun nilainya (perhatikan grafik dibawah)

Emas tidak mendatangkan keuntungan bagi kita, namun membuat daya beli kita tetap sama sampai kapanpun. Jadi membeli Emas kapanpun adalah tepat, karena kita mengunci daya beli, seperti nilai 1 dinar yang tetap bisa membeli seekor kambing qurban sampai kapanpun.

2.Harga Emas selalu mengikuti Harga komoditas dunia

Jika kita menyimak grafik perbandingan harga Emas dan harga komoditas penting dunia dibawah ini maka akan terlihat bahwa harga Emas selalu mengikuti harga komoditas dunia. Kenaikan atau penurunan biaya hidup biasanya dipengaruhi oleh harga komoditas-komoditas dunia tersebut, maka jika harga komoditas tersebut mampu di imbangi oleh harga Emas maka kita tidak perlu kuatir, kita tetap bisa membeli barang/kebutuhan hidup kita, artinya jika harga Emas turun sebenarnya kita tidak pernah rugi,begitupun kalau harga emas naik kita sebenarnya tidak pernah untung.

Sebagai contoh harga minyak dunia, Tahun 1970 1 Toz Emas setara dengan 19 Barel minyak, Tahun 2013 1 Toz Emas masih mampu membeli 17 Barel minyak, tidak jauh berbeda bukan? Data tersebut sudah berlangsung selama hampir 45 Tahun
Dari 2 penjelasan di atas maka dapat disimpulkan waktu yang tepat untuk membeli Emas adalah saat anda memiliki dana, karena sifat nilai Emas yang tetap jadi mau membeli Emas kapanpun adalah tepat. Investasi Emas adalah investasi jangka menengah sampai panjang yaitu sekitar 3-5 Tahun, jadi beli Emas kapanpun dan dipergunakan untuk kebutuhan/keperluan 3-5 Tahun kemudian adalah langkah yang tepat dalam berinvestasi Emas.

Semoga bermanfaat dan Selamat Berinvestasi

Sumber : http://jualemasantam.blogdetik.com/2013/04/11/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-beli-emas/


Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan Anda

Setiap manusia pasti punya keinginan yang ingin mereka wujudkan. Keingingan pastilah berkaitan dengan tujuan. Apalagi yang berhubungan dengan tujuan masa depan. Tak sedikit banyak orang mulai giat dalam menabung demi masa depan, juga mengikuti berbagai program investasi. Salah satunya membuka investasi emas. Jenis investasi emas sendiri memiliki berbagai macamnya. Disinilah yang menarik minat para investor.

Jenis investasi emas banyak digemari karena bisa dibilang investasi yang minim resiko. Jadi jika perencanaan masa depan dan dana sudah di tangan, daripada salah-salah mengalirkan dana, larikan ke investasi emas bisa menjadi strategi financial yang bijak. Dengan memilih investasi emas, kamu pun dapat terhindar dari imbas inflasi. Karena  harga emas yang cenderung stabil dari tahun ke tahun.

Mungkin yang kamu ketahui jenis investasi emas hanya berupa fisik, tapi coba kamu simak artikel ini, agar pengetahuan kamu akan jenis investasi emas makin terbuka dan bisa memudahkan dalam memilih mana jenis investasi emas yang cocok untuk kamu.

Jenis Investasi Emas

  • Investasi Emas Perhiasaan

Untuk memilih investasi emas dalam bentuk emas perhiasaan, agak kurang mendapatkan keuntungan. Karena anda harus membayar lebih untuk biaya pembuatan design perhiasaannya. Kalau dijual pun pembeli/toko emas tidak akan menghitung jasa pembuatan.

Kelebihannya, investasi emas perhiasaan lebih baik daripada menabung di bank. Karena itu bisa dijadikan investasi jangka panjang yang nilainya tinggi.

  • Investasi Emas Koin

Koin emas bisa dijadikan pilihan alternative bagi yang ingin menabung untuk naik haji. Maka dikenal dengan istilah koin emas ONH (ongkos naik haji).

Koin emas pun tidak memiliki perbedaan dengan investai emas lainnya tetap mengikuti nilai mata uang asing, hanya penambahan kata-kata ONH yang berguna untuk positioning di pemasaran.

  • Investasi Emas Batangan

Merupakan pilihan investasi emas yang paling sesuai, karena tidak perlu biaya pembuatan. Dan jika ingin menjualnya anda tak mengalami kerugian dari biaya pembuatan seperti pada emas perhiasaan.

  • Investasi Sertifikat dan Saham Emas

Ini merupakan, investasi emas yang tak berbentuk fisik. Tetapi berwujud sertifikat emas yang menjadi bukti kepemilikian atas emas yang ada tersimpan di bank. Nantinya investor akan memegang satu lembar kertas yang dapat diuangkan dengan bank terkait.

Yang berikutnya, dengan membeli saham suatu perusahaan pertambangan emas. Kelebihannya, jika harga emas sedang baik, biasanya peningkatan harga saham perushaan akan meroket jauh dibandind jenis investasi emas fisik.

Tipsnya, anda harus lebih teliti dalam mengamati perkembangan saham perusahaan emas tersebut. Pelajari saham perusahaan emas itu dahulu.

  • Kontrak Emas Berjangka

Dengan majunya teknologi, emas dapat diperjualbelikan di perdagangan berjangka sebagai komuditas. Sangat fleksibel karena anda dapat menjual saat harga emas naik dan membelinya saat harga murah.

Keunggulannya investasi emas dalam kontrak emas berjangka, seperti:

  1. Fasilitas online trading

  2. Real time price

  3. Didukung divisi Riset dan Analis yang siap memberikan analisa pasar

  4. Tim Edukasi siap memberikan bantuan untuk membuat Nasabah semakin percaya diri

  5. Keamanan dana dan kerahasiaan data pribadi terjamin

Dengan mengetahui berbagai jenis investasi emas seperti diatas, anda pun dapat memilih investasi emas yang sesuai dengan selera dan budget anda. Dengan melakukan investasi emas bisa menolong anda dalam meraih tujuan masa depan. Dengan berinvestasi emas dalam jangka panjang, anda bisa lega akan perencanaan financial untuk hari depan.

Manakah jenis investasi emas yang anda favoritkan?

Sumber : http://www.askapfutures.com/


Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

Dokumentasi Ayahbunda

Dokumentasi Ayahbunda

Masalah keuangan adalah hal yang umum dialami keluarga muda, apalagi di tahun-tahun pertama menjalani kehidupan berumahtangga. Belum lagi si kecil tak lama kemudian hadir di tengah Anda dan pasangan. Benarkah masalahnya terletak dari besar-kecilnya pendapatan keluarga?

“Seringkali masalahnya bukan terletak pada penghasilan yang kurang, tapi kebiasaan yang salah dalam mengelola uang,” ungkap Ligwina Hananto, ahli perencanan keuangan dalam sebuah acara Ayahbunda beberapa waktu lalu. Ternyata, dalam kenyataan, seorang ayah yang berpenghasilan ratusan juta rupiah bisa mengalami shock ketika menemukan uangnya tinggal Rp. 500.000,00 sebelum akhir bulan.

Ligwina memberikan beberapa kunci untuk mengelola keuangan secara sederhana:
1.    Pahami portfolio keuangan keluarga Anda. Jangan sampai Anda tak tahu isi tabungan, jumlah tagihan listrik, telepon, servis mobil, belanja, biaya periksa dokter dan lainnya. Anda harus tahu berapa hutang kartu kredit, pinjaman bank atau cicilan rumah dan mobil.
2.    Susun rencana keuangan atau anggaran. Rencana keuangan yang realistis membantu Anda bersikap obyektif soal pengeluaran yang berlebihan. Tak perlu terlalu ideal, sehingga lupa kebutuhan diri sendiri. Tak ada salahnya memasukkan kebutuhan pergi ke salon, spa atau clubbing. Yang penting, anggarkan jumlah yang realistis dan Anda pun harus patuh dengan anggaran tersebut.
3.    Pikirkan lebih seksama pengertian antara “butuh” dan “ingin”. Tak jarang kita membelanjakan uang untuk hal yang tak terlalu penting atau hanya didorong keinginan, bukan kebutuhan. Buatlah daftar berupa tabel yang terdiri dari kolom untuk item belanja, kebutuhan dan keinginan. Setelah mengisi kolom item belanja, isilah kolom “kebutuhan” dan “keinginan” dengan tanda cek (V). Dari sini pertimbangkan dengan lebih matang, benda atau hal yang perlu Anda beli/penuhi atau tidak.
4.    Hindari hutang. Godaan untuk hidup konsumtif semakin besar. Tapi bukan berarti dengan mudah Anda membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dimulai dari yang sederhana, seperti tak memiliki hutang konsumtif.
5.    Meminimalkan belanja konsumtif. Bertemu teman lama untuk bertukar pikiran di kafe terkadang memang perlu, tapi tak berarti Anda harus melakukannya di setiap Jumat sore. Anda bisa gunakan pengeluaran ini untuk menabung atau memenuhi kebutuhan lain.
6.    Tetapkan tujuan atau cita-cita finansial. Susun target keuangan yang ingin Anda raih secara berkala, bersama pasangan. Tetapkan tujuan spesifik, realistis, terukur dan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan ini membantu Anda lebih fokus merancang keuangan. Misalnya, bercita-cita punya dana pendidikan prasekolah berstandar internasional dan sebagainya.
7.    Menabung, menabung, menabung. Ubah kebiasaan dan pola pikir. Segera setelah menerima gaji, sisihkan untuk tabungan dalam jumlah yang telah Anda rencanakan sesuai tujuan atau cita-cita finansial keluarga Anda. Sebaiknya, Anda memiliki rekening terpisah untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari.
8.    Berinvestasilah! Tentu Anda tak akan puas dengan hanya menunggu tabungan membumbung. Padahal cita-cita Anda untuk keluarga “selangit”. Inilah saat yang tepat untuk juga memikirkan investasi. Kini bentuknya macam-macam. Takut akan risiko investasi?! Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu belajar pada ahlinya. Konsultasikan keuangan Anda dengan ahli keuangan yang handal!

Sumber: ayahbunda.co.id


Tips Cara Investasi Yang Baik

sa

Selamat sore guys..di sore yang panas ini, gimana kabar kalian? Semoga tetap happy dan semangat dalam menjalani hidup ini. Untuk mencapai hidup yang bahagia dan sejahtera, salah satu faktor penentunya adalah kepintaran anda dalam melakukan investasi. Pernahkah anda melakukan investasi? atau akan melakukan investasi. Atau malahan anda ragu ketika akan melakukan investasi? Hanya anda yang tahu. Mungkin tips investasi anda dapatkan dari teman atau dari buku yang anda baca, banyak pakar di luar sana mungkin lebih ahli dalam hal investasi, tidak ada salahnya blog ini menshare sedikit tentang Tips Cara Investasi Yang Baik:

  • Sebaiknya jangan investasikan uang anda hanya pada satu investasi.
  • Kemudian pikirkan sungguh-sungguh sebelum anda berinvestasi dan pastikan anda memahami investasi yang dipilih.
  • Jangan ragu untuk menjual investasi anda jika ada kesempatan bagus.
  • Kenali diri anda, sehingga anda tahu seberapa tinggi resiko yang anda terima.
  • Dan jangan menginvestasikan lebih dari 10% uang anda hanya untuk satu investasi.
  • Awasi dan cermati perkembangan investasi anda secara kontinyu.
  • Jangan takut untuk berinvestasi, karena investasi hanyalah masalah pengelolaan uang.
  • Siapkan dan kuatkan mental anda jika suatu waktu anda mengalami kegagalan investasi.

Demikian Tips Cara Investasi Yang Baik, semoga bermanfaat…terima kasih.

Sumber: andipandora.com